PENGARUH
GADGET
Gadget (Bahasa Indonesia: acang) adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa
Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan
dan fungsi praktis spesifik yang umumnya diberikan terhadap
sesuatu yang baru.
Gadget dalam pengertian umum dianggap sebagai suatu perangkat
elektronik yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya. Contohnya:
komputer, handphone, game konsole, dan lainnya.
Gadget adalah sebuah obyek (alat atau barang elektronik)
teknologi kecil yang memilki fungsi khusus, tetapi sering diasosiasikan sebagai
sebuah inovasi atau barang baru. Gadget selalu diartikan lebih tidak biasa atau
didesain secara lebih pintar dibandingkan dengan teknologi normal pada masa
penemuannya. Gadget kadang juga disebut dengan gizmos.
Teknologi
sejak PELITA I teknologi berupa siaran radio dan televisi telah diprogramkan.
Memang sarana dan prasarana pada waktu itu belum ada atau belum memadai, namun
dengan perkembangan teknologi siaran, seperti siaran langsung dari satelit dan
pemancar ulang berdaya rendah, telah memungkinkan dicapainya seluruh pelosok
tanah air. Teknologi ini terus berkembang sampai dengan PELITA berikutnya, yang
kemudian berkembang dengan munculnya televisi swasta dan jaringan televisi
siaran lokal. • Satelit Komunikasi Sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki
era informasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Sistem satelit
komunikasi ini merupakan kebutuhan yang unik bagi Indonesia, karena keadaan dan
letak geografisnya. Dasar pertimbangan pengembangan sistem ini adalah untuk
keperluan pendidikan, penerangan, hiburan, pemerintahan, bisnis, pertahanan
keamanan, dan perindustrian. • Komputer Perkembangan perangkat keras komputer
berlangsung sangat pesat. Selain daya muatnya yang semakin besar, kecepatan
operasinya juga semakin tinggi. Jika sepuluh tahun yang lalu microprocessor
komputer mampu mengakses memori dengan kecepatan perjutaan detik, maka saat ini
kecepatannya sudah dihitung dengan permiiliar (nano) detik. Komputer meja atau
personal computer saat ini sudah tidak dipandang sebagai barang mewah lagi,
melainkan sebagai suatu kebutuhan yang esensial untuk dapat mengikuti kemajuan.
Boleh dikatakan tidak ada satu kantorpun yang tidak memiliki dan mengoperasikan
komputer. • Teknologi Video (Perekam Video) Perkembangan dalam teknolofi video
sejalan dengan perkembangan komunikasi dan komputer, meskipun orientasi
utamanya adalah untuk keperluan hiburan.Dari dulu sejak sebelum maraknya
penggunaan TI dan TK dalam kehidupan dan dalam bidang pendidikan pada
khususnya, para ahli telah mengungkapkan ramalannya tentang penggunaan TI dan
TK ini. Berikut ini kita bahas beberapa ramalan para ahli tersebut.
“Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari
pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka”
(Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita melihat di Perancis proyek
“Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal tahun
70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Socieiy),” yang secara
ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan. Bishop G. (1989) meramalkan bahwa
pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes (flexible), terbuka, dan dapat
diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia,
maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Mason R. (1994) berpendapat bahwa
pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang
memungkinkan berinteraksi. Dari saalah teknologi mulai berkembang dan semua
jenis gadget di ciptakan jadi, lebih dasarnya perkembangan gadget di
pengaruhi oleh perkembangan Internet.
PPERKEMBANGAN GADGET DI KALANGAN REMAJA
Proses
masuknya gadget di kalangan remaja dengan berbagai faktor, Saat ini
Perkembangan Dunia Teknologi peranti lunak sudah menembus sampai ke tingkat
pedesaan, hal ini merupakan sebuah kemajuan khususnya di bidang Teknlogi
Informasi. Bayangan, penduduk didaerah pedesaan sangat banyak memakai
Smarphone, android , I-Pad, Laptop dan lan sebagainya. Sehingga memudahkan
mengakses dunia Informasi.
Bandingkan, pada masa lalu Instrumen semacam itu hanya
dimilikioleh kalangan menengah keatas dan hanya di kawasan Kota-kota besar,
Dapat dikatakan orang desa sangat jarang memiliki Gadget sehingga kemajuan
meninggalkan mereka. Baik ketinggalan Informasi, perkembangan cakrawala, dan
ketinggalan berita peristiwa yang terjadi didaerah lain dan belahan bumi
lainnya.
Gadget masuk di kalangan remaja dengan perlahan dan tidak
disadari oleh remaja yang menjadi korban perkembangan gadget, alasan yang
sangat klasik dari seseorang yang di wawancarai seputar perkembangan gadget
yang marak di kalangan remaja, Menurutnya gadget bukan hanya sebagai wahana
atau media komunikasi tapi di jadikan sebagai ajang bergangsi yang menuntut
semua remaja untuk selalu mengikuti tren baru dari maraknya gadget atau
gadget di jadokan sebagai life style yang menyebabakan kesenjangan ssial
terjadi di kalangan ekonomi bawah,menengah,dan ekonomi atas.
PENGARUH NEGATIF GADGET
Dampak negatif perkembangan gadget dari:
Dengan berkembangnya gadget di semua kalangan terutama dikalangan remaja
mengakibatkan banyaknya kerugian dari segi kehidupan, seperti dampak penggunaan
gadget terhadap kesehatan, hilangnya budaya akibat maraknya gadget, sosialisasi
tidak sempurna dan banyak orang yang merugi akibat penipuan dan lain lain.
Berikut akan di kemukakan beberapa kerugian dari aspek kehidupan.
A. Segi kesehatan
1. Peningkatan resiko
kanker dari penggunaan ponsel karena radiasi yang di berikan.
2. Penggunaan ponsel
lebih dari 30 menit bisa mengakibatkan ketulian (acoustik neourema).
3. Penggunanaan
cahaya atau pencerahan maksimal secara berkala pada ponsel,komputer,
tablet dan lain bisa mengakibatkan perih pada mata dan lebih parahnya bisa
menimbulkan rabun dekat.
B. Segi budaya
1. Lunturnya adat atau
kebiasaan yang berlaku di daerah tersebut krena kesibukan menggunakan gadget.
2. Masuknya budayabarat
secara perlahan tanpa adanya filterasi dari mereka yang mengikuti.
3. Hilangnya rasa
nasionalisme dan lebih cinta pada prodak asing.
C. Segi sosial
1. Cenderung autis atau
asyik dengan gadgetnya sendiri sehingga tidak memperhatikan hal-hal yang ada
disekitarnya.
2. Cenderung tidak bisa
mengkontrol diri sendiri akibat sosialisasi yang terjadi secara tidak langgsung
3. Lebih banyak konflik
yang terjadi dan tidak ada upaya untuk menyelesaikan masalah.
4. Cenderung cepat bosan
ketika ada orang yang measehati.
5. Banyak mengeluh ketika
sbanyak masalah.
6. Egois tidak tekendali
7. Orang-orang
disekitanya selelu dijadikan korban kemarahannya.
8. Orang yang yang banyak
bergaul dengan gadget hidupnya sedikit tidak teratur.
D. Segi ekonomi
Banyak terjadi kerugian akibat perkembangan gadget di bidang
ekonomi seperti adanya atau banyaknya penipuan, keuangan tidak stabil di setiap
keluarga akibat harus memenuhi keinginan anaknya membeli gadget terbaru. Dan
masih banyak lagi kerugian yang diakibatkan oleh perkembangan gadget tenpa di
idasari dari segi keilmuan.
PENGARUH POSITIF GADGET
Dengan
perkembangan gadget yang begitu cepat dan tidak terkendali sehingga banyaknya
sisi negatif yang di timbulkan seperti yang telah di kemukakan di atas, di sisi
lain tidak hanya dampak negatif saja yang di timbulkan tetpai ada sisi positif
yang di timbulkan dari perkembangan gadget, seperti berikut ini :
1 .Komunikasi menjadi lebih praktis.
2. Anak yang bergaul dengan dunia
gadget cenderung lebih kreatif
3. Mudahnya melakukan akses ke luar negeri.
4. Manusia menjai lebih pintar berinovasi akibat perkembangan gadget yang
menuntut mereka
untuk hidup lebih baik.
Di atas merupakan beberapa dampak yang di timbulkan dari perkembangan
gadget,dan masih banyak lagi manffat yang di timbulkan dari maraknya gadget.
KESIMPULAN
1. Jadi pengertian gadget adalah sebuah peranti atau
instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis
spesifik yang berguna yang
umumnya merujuk pada sesuatu yang baru, gadget dalam pengertian umum di
anggap
sebagai suatu perangkat ellektronik yang memiliki fungsikhusus pada setiap
prangkatnya
contohnya komputer.
2. Perkembangan teknologi saling berhubungan dengan
perkembangan gadget.yang di hasilkan dari
perkembangan teknologi adalah gadget.
3. Gadget masuk di kalangan remaja secara perlahan dan tidak
disadari. Gadget berkembang tidak haya di
kalangan perkotaan saja tapi gadget
dengan mudahnya masuk kepada remaja yang ada di
pedesaan.seiring waktu berjalan
semakin hari gadget hadir dengan penampilan yang inovatif.
4. Perkembangan gadget memberikan dampak negatif terhadap
kesehatan seperti tumbuhnya sel kanker
bagi pengguna gadget. Hilangnya
kebiasaan akibat perkemnbangan gadgetdari sisi budaya. Hidup
menjadi menjadi
tidak teratur dan selalu fokus terhadap sesuatu yang instan merupakan dampak
dari
sisi sosial dan banyaknya kerugian akibat konflik yang terjadi karena
maraknya gadget dari segi ekonomi.
5. Gadget selain memiliki sisi negatif tapi di sisi lain
gadget memiliki banyak manffat seperti, dengan
berkembangnya gadget manusia
hidup menjadi lebih mudah, komunikasi terjalin kapan pun di mana pun,
Komunikasi menjadi lebih praktis dan lain-lain.
SARAN
Jadi
pada intinya perkembangan gadget di Indonesia terutama remaja banyak yang menjadi korban perkembangan gadget itu hendaklah terus waspada dalam menghadapinya, nikmatilah dengan baik perkembangan gadget,
jangan terlalu sering menggunakan gadget dan tetaplah menjaga komunikasi
secara langsung, dan untuk orang tua agar lebih menjaga anaknya terhadap perubahan zaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar