Rabu, 15 Februari 2017

PENGARUH GADGET

PENGERTIAN GADGET
      Gadget (Bahasa Indonesia: acang) adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang  umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. 
      Gadget dalam pengertian umum dianggap sebagai suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya. Contohnya: komputer, handphone, game konsole, dan lainnya.

      Gadget adalah sebuah obyek (alat atau barang elektronik) teknologi kecil yang memilki fungsi khusus, tetapi sering diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang baru. Gadget selalu diartikan lebih tidak biasa atau didesain secara lebih pintar dibandingkan dengan teknologi normal pada masa penemuannya. Gadget kadang juga disebut dengan gizmos.

SEJARAH GADGET
      Teknologi sejak PELITA I teknologi berupa siaran radio dan televisi telah diprogramkan. Memang sarana dan prasarana pada waktu itu belum ada atau belum memadai, namun dengan perkembangan teknologi siaran, seperti siaran langsung dari satelit dan pemancar ulang berdaya rendah, telah memungkinkan dicapainya seluruh pelosok tanah air. Teknologi ini terus berkembang sampai dengan PELITA berikutnya, yang kemudian berkembang dengan munculnya televisi swasta dan jaringan televisi siaran lokal. • Satelit Komunikasi Sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki era informasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Sistem satelit komunikasi ini merupakan kebutuhan yang unik bagi Indonesia, karena keadaan dan letak geografisnya. Dasar pertimbangan pengembangan sistem ini adalah untuk keperluan pendidikan, penerangan, hiburan, pemerintahan, bisnis, pertahanan keamanan, dan perindustrian. • Komputer Perkembangan perangkat keras komputer berlangsung sangat pesat. Selain daya muatnya yang semakin besar, kecepatan operasinya juga semakin tinggi. Jika sepuluh tahun yang lalu microprocessor komputer mampu mengakses memori dengan kecepatan perjutaan detik, maka saat ini kecepatannya sudah dihitung dengan permiiliar (nano) detik. Komputer meja atau personal computer saat ini sudah tidak dipandang sebagai barang mewah lagi, melainkan sebagai suatu kebutuhan yang esensial untuk dapat mengikuti kemajuan. Boleh dikatakan tidak ada satu kantorpun yang tidak memiliki dan mengoperasikan komputer. • Teknologi Video (Perekam Video) Perkembangan dalam teknolofi video sejalan dengan perkembangan komunikasi dan komputer, meskipun orientasi utamanya adalah untuk keperluan hiburan.Dari dulu sejak sebelum maraknya penggunaan TI dan TK dalam kehidupan dan dalam bidang pendidikan pada khususnya, para ahli telah mengungkapkan ramalannya tentang penggunaan TI dan TK ini. Berikut ini kita bahas beberapa ramalan para ahli tersebut. “Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka” (Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita melihat di Perancis proyek “Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Socieiy),” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan. Bishop G. (1989) meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes (flexible), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Mason R. (1994) berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi. Dari saalah teknologi mulai berkembang dan semua jenis gadget di ciptakan jadi, lebih dasarnya perkembangan gadget di pengaruhi oleh perkembangan Internet.

PPERKEMBANGAN GADGET DI KALANGAN REMAJA
      Proses masuknya gadget di kalangan remaja  dengan berbagai faktor, Saat ini Perkembangan Dunia Teknologi peranti lunak sudah menembus sampai ke tingkat pedesaan, hal ini merupakan sebuah kemajuan khususnya di bidang Teknlogi Informasi. Bayangan, penduduk didaerah pedesaan sangat banyak memakai Smarphone, android , I-Pad, Laptop dan lan sebagainya. Sehingga memudahkan mengakses dunia Informasi.
      Bandingkan, pada masa lalu Instrumen semacam itu hanya dimilikioleh kalangan menengah keatas dan hanya di kawasan Kota-kota besar, Dapat dikatakan orang desa sangat jarang memiliki Gadget sehingga kemajuan meninggalkan mereka. Baik ketinggalan Informasi, perkembangan cakrawala, dan ketinggalan berita peristiwa yang terjadi didaerah lain dan belahan bumi lainnya.
      Gadget masuk di kalangan remaja dengan perlahan dan tidak disadari oleh  remaja yang menjadi korban perkembangan gadget, alasan yang sangat klasik dari seseorang yang di wawancarai seputar perkembangan gadget yang marak di kalangan remaja, Menurutnya gadget bukan hanya sebagai wahana atau media komunikasi tapi di jadikan sebagai ajang bergangsi yang menuntut semua remaja untuk selalu mengikuti tren baru dari maraknya  gadget atau gadget di jadokan sebagai life style yang menyebabakan kesenjangan ssial terjadi di kalangan ekonomi bawah,menengah,dan ekonomi atas.

PENGARUH NEGATIF GADGET
Dampak negatif perkembangan gadget dari:
      Dengan berkembangnya gadget di semua kalangan terutama dikalangan remaja mengakibatkan banyaknya kerugian dari segi kehidupan, seperti dampak penggunaan gadget terhadap kesehatan, hilangnya budaya akibat maraknya gadget, sosialisasi tidak sempurna dan banyak orang yang merugi akibat penipuan dan lain lain. Berikut akan di kemukakan beberapa kerugian dari aspek kehidupan.
A.      Segi kesehatan
    1.   Peningkatan resiko kanker dari penggunaan ponsel karena radiasi yang di berikan.
    2.   Penggunaan ponsel lebih dari 30 menit bisa mengakibatkan ketulian (acoustik neourema).
    3.   Penggunanaan cahaya  atau pencerahan maksimal secara berkala pada ponsel,komputer, tablet dan               lain bisa mengakibatkan perih pada mata dan lebih parahnya bisa menimbulkan rabun dekat.
B.      Segi budaya
   1.    Lunturnya adat atau kebiasaan yang berlaku di daerah tersebut krena kesibukan menggunakan gadget.
   2.    Masuknya budayabarat secara perlahan tanpa adanya filterasi dari mereka yang mengikuti.
   3.    Hilangnya rasa nasionalisme dan lebih cinta pada prodak asing.
C.      Segi sosial
   1.    Cenderung autis atau asyik dengan gadgetnya sendiri sehingga tidak memperhatikan hal-hal yang ada 
         disekitarnya.
   2.    Cenderung tidak bisa mengkontrol diri sendiri akibat sosialisasi yang terjadi secara tidak langgsung
   3.    Lebih banyak konflik yang terjadi dan tidak ada upaya untuk menyelesaikan masalah.
   4.    Cenderung cepat bosan ketika ada orang yang measehati.
   5.    Banyak mengeluh ketika sbanyak masalah.
   6.    Egois tidak tekendali
   7.    Orang-orang disekitanya selelu dijadikan korban kemarahannya.
   8.    Orang yang yang banyak bergaul dengan gadget hidupnya sedikit tidak teratur.
D.      Segi ekonomi
      Banyak terjadi kerugian akibat perkembangan gadget di bidang ekonomi seperti adanya atau banyaknya penipuan, keuangan tidak stabil di setiap keluarga akibat harus memenuhi keinginan anaknya membeli gadget terbaru. Dan masih banyak lagi kerugian yang diakibatkan oleh perkembangan gadget tenpa di idasari dari segi keilmuan.

PENGARUH POSITIF GADGET
      Dengan perkembangan gadget yang begitu cepat dan tidak terkendali sehingga banyaknya sisi negatif yang di timbulkan seperti yang telah di kemukakan di atas, di sisi lain tidak hanya dampak negatif saja yang di timbulkan tetpai ada sisi positif yang di timbulkan dari perkembangan gadget, seperti berikut ini :
            1 .Komunikasi menjadi lebih praktis.
            2. Anak yang bergaul dengan dunia gadget cenderung lebih kreatif
            3. Mudahnya melakukan akses ke luar negeri.
            4. Manusia menjai lebih pintar berinovasi akibat perkembangan gadget yang menuntut   mereka 
                untuk hidup lebih baik.
      Di atas merupakan beberapa dampak yang di timbulkan dari perkembangan gadget,dan masih banyak lagi manffat yang di timbulkan dari maraknya gadget.

KESIMPULAN
1. Jadi pengertian gadget adalah sebuah peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis 
    spesifik yang berguna yang umumnya merujuk pada sesuatu yang baru, gadget dalam pengertian umum di 
    anggap sebagai suatu perangkat ellektronik yang memiliki fungsikhusus pada setiap prangkatnya 
    contohnya komputer.
2. Perkembangan teknologi saling berhubungan dengan perkembangan gadget.yang di hasilkan dari 
    perkembangan teknologi adalah gadget.
3. Gadget masuk di kalangan remaja secara perlahan dan tidak disadari. Gadget berkembang tidak haya di 
    kalangan perkotaan saja tapi gadget dengan mudahnya masuk kepada remaja yang ada di 
    pedesaan.seiring waktu berjalan semakin hari gadget hadir dengan penampilan yang inovatif.
4. Perkembangan gadget memberikan dampak negatif terhadap kesehatan seperti tumbuhnya sel kanker
    bagi pengguna gadget. Hilangnya kebiasaan akibat perkemnbangan gadgetdari sisi budaya. Hidup
    menjadi menjadi tidak teratur dan selalu fokus terhadap sesuatu yang instan merupakan dampak dari
    sisi sosial dan banyaknya kerugian akibat konflik yang terjadi karena maraknya gadget dari segi ekonomi.
5. Gadget selain memiliki sisi negatif tapi di sisi lain gadget memiliki banyak manffat seperti, dengan 
    berkembangnya gadget manusia hidup menjadi lebih mudah, komunikasi terjalin kapan pun di mana pun, 
    Komunikasi menjadi lebih praktis dan lain-lain.

SARAN
            Jadi  pada intinya perkembangan gadget di Indonesia terutama remaja banyak yang menjadi korban perkembangan gadget itu hendaklah terus waspada dalam menghadapinya, nikmatilah dengan baik perkembangan gadget, jangan terlalu sering menggunakan gadget dan tetaplah menjaga komunikasi secara langsung, dan untuk orang tua agar lebih menjaga anaknya terhadap perubahan zaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar